Selasa, 17 Desember 2013

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU


PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU





BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU

KEGIATAN 9
ANALISIS HASIL PK GURU UNTUK MERENCANAKAN PKB GURU


NAMA : _____________________________
NO PESERTA : _____________________________
INSTANSI : _____________________________




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012

Kegiatan 9 : Analisis Hasil PK Guru untuk Merencanakan PKB Guru

Tujuan : Mengidentifikasi hasil PK Guru, evaluasi diri dan kebutuhan sekolah, untuk merencanakan PKB Guru

Bahan :
• Hasil Penilaian Kinerja Guru atas nama Novita , S.Pd.
• Evaluasi diri atas nama Novita, S.Pd.
• Ringkasan kebutuhan sekolah.

Waktu : 2 x 45 menit

Petunjuk Kegiatan Peserta:
1. Cermatilah dengan teliti rekap hasil PK Guru dan evaluasi diri atas nama Novita, S.Pd.
2. Secara individu, jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan hasil PK Guru, evaluasi diri, dan kebutuhan sekolah:
a. Sebutkan indikator kinerja guru yang memerlukan tindak lanjut untuk peningkatan nilai kinerja sesuai dengan prioritasnya? Jelaskan alasannya!
b. Sebutkan indikator kinerja guru yang memerlukan tindak lanjut untuk pengembangan nilai kinerja sesuai dengan prioritasnya? Jelaskan alasannya!
3. Isilah Format 2 (Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru) dan Format 3 ( Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru).
3. Diskusikan hasil masing-masing individu di dalam kelompok.
4. Presentasikan hasil kelompok dalam forum.

Petunjuk Kegiatan Fasilitator:
1. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mencermati hasil PK Guru dan evaluasi diri atas nama Novita, S.Pd. (10 menit).
2. Meminta peserta secara individu menganalisis hasil penilaian kinerja guru, evaluasi diri, dan kebutuhan sekolah.
3. Memandu peserta melakukan diskusi kelompok.
4. Memfasilitasi presentasi masing-masing kelompok.



HASIL PENILAIAN KINERJA GURU

Nama guru yang dinilai: Novita, S.Pd.

Periode penilaian
10 Juli 2014 sampai 24 Juni 2015
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun) Semester 1 Tahun
2014
Semester
Kemajuan

NO DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU NILAI KINERJA
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik 2
2. Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir 2
3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif 2
4. Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran 3
Sub Total Nilai Kinerja Perencanaan Pembelajaran 9
II. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A. Kegiatan pendahuluan
5. Guru memulai pembelajaran dengan efektif 4
B. Kegiatan inti
6. Guru menguasai materi pelajaran 3
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif 3
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran 3
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran 4
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran 4
C. Kegiatan penutup
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif 3
Sub Total Nilai Kinerja Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran yang Aktif dan Efektif 24
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
12. Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik 2
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP 2
14. Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya 3
Sub Total Nilai Kinerja Penilaian Pembelajaran 7

TOTAL NILAI KINERJA GURU 40
KONVERSI TOTAL NILAI KINERJA GURU KE SKALA 100 (PERMENNEG PAN RAN RB NO 16 TAHUN 2009, PASAL 15) 71,43
KATEGORI NILAI KINERJA GURU CUKUP




Jakarta, 24 Juli 2015
Guru yang dinilai Penilai Kepala Sekolah



(Novita, S.Pd.) (Rahmat Hidayat, S.Pd., M.Pd.) (Dra. Nani Wijaya, M.Pd.)


















KEBUTUHAN SEKOLAH
a. Pernyataan diambil dari laporan EDS
Pengetahuan guru tentang mata pelajaran yang diajarkan sudah cukup untuk memenuhi kurikulum, namun beberapa guru masih sering mempresentasikan pelajaran di depan kelas dengan tidak melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif.

b. Pernyataan diambil dari Rencana Kegiatan Sekolah
Pengembangan Staf: Menjamin bahwa seluruh guru menggunakan pendekatan kegiatan “pembelajaran siswa aktif” yang aktifitasnya sesuai untuk peserta didik dan tujuan pembelajaran


Format 1: Evaluasi Diri Guru untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (diisi oleh Guru)

Nama Sekolah: SD N ..... Nomor Statistik Sekolah:
Alamat: Jalan Padaherang Kecamatan: Kisam Tinggi Kabupaten/Kota: OKU Selatan
Nama Guru: Novita, S.Pd. Tahun Ajaran:2014/2015 Tanggal: 12 Juli 2015
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR EVALUASI DIRI TERHADAP INDIKATOR KINERJA
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik Saya masih belum paham bagaimana menyusun RPP sesuai standar proses dan pendidikan karakter bangsa
2. Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir Saya belum pernah membuat bahan ajar , karena selama ini saya menggunakan bahan ajar dari penerbit
3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif Saya belum menguasai berbagai teorri belajar dan implementasinya dalam pembelajaran terutama teori-teori belajar yang sekarang dirujuk, misalnya konstruktivisme
4. Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran Saya sudah memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
II. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A. Kegiatan pendahuluan
5. Guru memulai pembelajaran dengan efektif Kadang-kadang saya tidak melaksanakan apersepsi
B. Kegiatan inti
6. Guru menguasai materi pelajaran Saya belum menguasai beberapa topik pelajaran, di antaranya tentang materi Globalisasi di SD
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif Saya sudah menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran Saya memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran Komunikasi saya dengan peserta didik lancar-lancar saja, saya tidak menemukan kendala dalam aspek ini.
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran Saya merasa tidak mengalami kendala dalam menggunakan bahasa kepada peserta didik dalam pembelajaran
C. Kegiatan penutup
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif Saya mengalami kendala dalam melakukan tindak lanjut kepada peserta didik dikarenakan waktu yang tidak cukup
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
12. Guru merancang alat penilaian untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik Saya mengalami kendala dalam melakukan penilaian aspek afektif dan psikomotorik
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP Saya belum melakukan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalammencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
14. Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya Saya belum memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
Tanda Tangan Guru Tanda Tangan Kepala Sekolah





Format 2: Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Guru bersama Koordinator PKB Guru)
Nama Sekolah: Nomor Statistik Sekolah:
Kecamatan: Kabupaten/Kota: Provinsi:
Nama Guru: Tahun Ajaran: Tanggal:
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan nilai kinerja Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
1 2 3 4 5 6
I. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik




2. Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir


3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif


4. Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran




II. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A. Kegiatan pendahuluan

5. Guru memulai pembelajaran dengan efektif


B. Kegiatan inti
6. Guru menguasai materi pelajaran
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
C. Kegiatan penutup
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
12. Guru merancang alat penilaian untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik




13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP



14. Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya


Tanda tangan Guru:

Tanda tangan Kepala Sekolah:




Catatan:
1. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru sendiri
2. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru lain
3. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di sekolah
4. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di KKG/MGMPMGBK
5. Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6. Kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasikan oleh Dinas Pddk untuk dipertimbangkan.

Format 3: Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (diisi oleh Koordinator PKB)

Nama Sekolah: Nomor Standar Sekolah:
Kecamatan: Kabupaten/Kota: Provinsi:
Tahun Ajaran: Tanggal:
Noo Nama Guru
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR KINERJA GURU

Publikasi Ilmiah
dan Karya Inovatif Penunjang pembelajaran berkualitas Pelaksanaan tugas tambahan
Perencanaan Pelaksanaan Penilaian
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14
1 Aminah v
2 Badu v v
v
























Diketahui oleh:
Kepala Sekolah, Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar